GREENING of SCHOOL


Dapatkan lebih banyak informasi tentang isu-isu dan permasalahan lingkungan hidup dari para guru, buku pelajaran, koran, dan koleksi di perpustakaan. Kita dapat membantu untuk kepedulian dan menyelamatkan lingkungan hidup dengan membeli yang hanya kita butuhkan saja, mendaur ulang sampah, tidak berpolusi, hemat energi, dan mulai membuat kebun sekolah dengan menanami pohon buah-buahan dan sayur-sayuran sebagai penyegar dan penyejuk. Ambil tindakan untuk lingkungan hidup mulai hari ini dan untuk seterusnya.

Apa yang bisa kita lakukan ?


·         Di Kantin
Setiap kali kita membeli atau menggunakan sesuatu, kita mempengaruhi keadaan lingkungan hidup di sekitar kita. Produksi sampah dari kantin dapat didaur ulang atau dibikin kompos, atau tindakan praktisnya dengan membuang sampah selalu pada tempatnya; dengan memilah sampah dan menyediakan tong sampah sesuai pemilahan.
  1. jangan membeli terlalu banyak makanan dalam kemasan atau sejenisnya.
  2. Belilah buah segar dan komposkan sampahnya.
  3. Bikin sebuah pusat koleksi daur ulang mini dekat kantin dan gunakan dana yang didapat untuk kegiatan lingkungan hidup.

·         Di Kelas
Setiap mata pelajaran di sekolah, lingkungan hidup terintegrasi di dalamnya dan setiap orang membutuhkan sumber daya alam. Kelas dan perpustakaan adalah tempat yang sangat bagus untuk kita belajar tentang kepedulian dan penyelamatan lingkungan hidup.
  1. Ajukan pertanyaan dan cari jawabannya tentang lingkungan hidup.
  2. Telitilah topik-topik tentang lingkungan hidup di perpustakaan.
  3. Jangan membuang kertas, simpan kertas tersebut dan daur ulang dengan memakai sebaliknya.
  4. Hiaslah ruangan kelas dengan tanaman, mural/gambar, poster, dan berita-berita tentang lingkungan hidup.

·         Mengurangi Polusi
Kita sering mencemari udara dan air. Membakar sampah dan emisi gas buang kendaraan bermotor  merupakan sumber pencemaran udara dan ini meningkatkan masalah efek rumah kaca bumi kita.
  1. jangan membakar sampah daun-dauanan, komposkan saja mereka.
  2. Membuang sisa dapur seperti minyak goreng dan lemak ke tanah, jangan lke saluran air atau toilet.
  3. Gunakanlah transportasi umum.
  4. Menanam pohon.

·         Hemat Energi
Energi adalah sangat penting baik itu untuk tanaman, binatang maupun manusia untuk kelangsungan hidupnya. Matahari dan bahan bakar fosil adalah sumber utama energi. Gas yang terbuang dari pembakaran bahan bakar dari fosil mencemari udara. Hemat energi hari ini berarti nilai yang didapat dari sumber daya akan lebih panjang.
1         Matikan lampu, kipas angin, TV, radio ketika kita tidak menggunakan lagi.
2         Membaca di dekat jendela bila memungkinkan ; agar cahaya masuk dan memungkinkan untuk membaca dengan jelas.
3         Gunakan pakaian yang ramah lingkungan.

·         Hemat Air
Segala kehidupan di muka bumi ini sangat membutuhkan air. Air bersih adalah yang terutama. Hanya satu persen saja dari seluruh jumlah air di permukaan bumi ini yang dapat digunakan untuk dikonsumsi. Hemat air berarti juga hemat uang ; dan kadang membutuhkan pembabatan hutan yang cukup luas hanya untuk membangun sebuah dam.
  1. Jangan membuang-buang air ; gunakan setelan kran yang sedang saja dan matikan/tutup rapat bila selesai digunakan.
  2. Gunakan ulang sisa air untuk menyiram tanaman di kebun/halaman.
  3. Kumpulkan air hujan dalam wadah bila memungkinkan, gunakan untuk keperluan lain nantinya seperti mencuci, mengepel  dan lain-lain.

·         Menanam Pohon
Tanaman menyerap karbon doksida, menproduksi oksigen, untuk tempat berteduh,  menghasilkan kayu, buah-buahan, bunga dan rumah untuk binatang. Tanaman membuat sekolah terlihat lebih asri dan bertindak sebagai benteng dari suara bising dan debu. Mereka membantu membikin udara jadi bersih dan segar.
  1. Tanamlah tanaman lokal di sekitar kita ; tanaman langka yang ada di Yogyakarta.
  2. Carilah saran yang terbaik untuk menanam pohon yang tepat di lokasi yang tepat pula.

·         Membuang Sampah
Sampah adalah barang-barang yang biasanya dibuang orang-orang karena dianggap tidak dapat dipakai lagi fungsinya. Banyak barang yang sebenarnya masih bisa didaur ulang atau digunakan ulang (re-use). Mengurangi sampah berarti membantu meringankan beban TPA menampung sampah dan membantu menhemat sumber daya alam agar dapat digunakan secara berkelanjutan untuk generasi mendatang.
  1. Jangan membeli secara berlebihan produk-produk dalam kemasan.
  2. Pilah dan jual barang-barang yang bisa didaur ulang seperti kaleng, botol dan kertas.
  3. Jangan bakar sampah organik ( dedauan, sisa dapur, sayuran, dan lain-lain ). Mulailah untuk membuat pos kecil untuk komposting ; kumpulkan seluruh sampah organik dan timbun di dalam lubang di tanah.
  4. Sediakan tempat untuk memilah barang jadi 3 bagian : satu untuk barang recycle, satu untuk barang re-use, satu untuk yang komposting.

·         Kegiatan Ekstra Kurikuler
Murid-murid dapat bekerja bersama dapat membuat dunia tersa lebih indah. Anak-anak dapat menemukan dan belajar tentang lingkungan hidup lewat klub kerja bersama tadi.
  1. Mulai membentuk klub lingkungan hidup di sekolah.
  2. Siapkan papan informasi ( mading ) lingkungan hidup di sekolah sehingga dapat dibaca oleh murid-murid yang lain.
  3. Identifikasikan permasalahan lingkungan hidup yang ada di sekolah dan cobalah mulai untuk memecahkannya.

·      Kita masih punya …… Pohon Kenangan atau Pohon Angkatan : Setiap kelas atau angkatan menanam dan memelihara satu pohon selama dia sekolah disitu untuk penyejuk sekolahnya dan itu akan menjadi kenangan ketika dia selesai/lulus nantinya, bisa untuk latar belakang potret kenangan bersama saat pesta perpisahan dan si anak bisa bercerita di depan podium tentang ini ;  pasti deh cerita kenangan akan jadi lebih asyik nantinya. Bisa memakai tanaman langka lokal Yogyakarta yang mempunyai makna filosofi di baliknya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Blog27999 said...

According to Stanford Medical, It is really the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years more and weigh 42 lbs lighter than we do.

(And by the way, it has totally NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING related to "HOW" they are eating.)

BTW, I said "HOW", not "WHAT"...

Click this link to uncover if this easy test can help you find out your true weight loss possibilities

Post a Comment

 
Blog Design by Ammupappa